Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Berolahraga

Menjaga Kesehatan Tubuh dengan Berolahraga

Naik turun tangga

 











Naik turun tangga merupakan salah satu olahraga ringan yang sangat mudah dilakukan oleh kita. Olahraga ini dapat dilakukan di rumah dengan dua lantai. Olahraga tersebut berfungsi untuk melatih gerakan-gerakan otot kaki. Olahraga ini dapat diawali dengan berjalan ringan menaiki dan menuruni tangga secara berulang-ulang dan berirama. Di bagian akhir olahraga, Anda dapat melakukan gerakan seperti berlari ringan. Anda harus hati-hati saat menaiki dan menuruni tangga karena jika terpeleset dapat menyebabkan cedera bahkan dapat menyebabkan patah tulang.

Olahraga dengan gerakan duduk dan berdiri












Olahraga ini sangat mudah dan ringan. Anda dapat melakukannya di rumah Anda. Olahraga ini cukup bermodalkan satu buah kursi. Gerakan olahraga tersebut berfungsi untuk melati pernafasan dan melatih otot-otot kaki. Gerakan ini dilakukan dengan posisi duduk tegak dengan perut ditarik ke depan. Usahakan agar badan tidak bersandar pada kursi. Setelah duduk selama 3 detik, lakukan gerakan berdiri. Ulangi gerakan-gerakan tersebut secara berirama.

Jogging



 







Jogging atau lari kecil merupakan olahraga yang mudah dan murah. Anda tak perlu menggunakan alat-alat olahraga yang mahal. Pasalnya jogging dapat dilakukan di halaman rumah Anda atau di jalan depan rumah Anda. Jogging dapat Anda lakukan secara rutin. Waktu yang sangat bauk untuk jogging ialah waktu pagi setelah subuh. Hal ini dikarenakan udara pagi belum terlalu tercemar oleh polutan-polutan di udara. Hal tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh Anda termasuk pernapasan dan otot kaki. Sebelum jogging, alangkah baiknya jika Anda melakukan pemanasan agar tidak terjadi cedera saat jogging.

Sit Up


 










Sit up merupakan salah satu olahraga yang murah dan cukup mudah. Sit up dilakukan dengan posisi berbaring dengan lutut kaki ditekuk dan telapak kaki menyentuh lantai. Kaki juga dapat diluruskan. Tangan disilangkan pada dada maupun diluruskan. Setelah memposisikan tubuh dengan benar, angkatlah bagian tubuh atas hingga menyentuh lutut. Kemudian turunkan tubuh seperti posisi semula. Lakukan gerakan ini secara teratur dan berirama. Gerakan ini merupakan gerakan yang berguna untuk melatih kekuatan otot perut.
Beberapa poin di atas merupakan contoh olahraga mudah dan ringan yang dapat Anda lakukan. Selain itu, olahraga tersebut juga termasuk olahraga yang murah. Tak ada salahnya jika Anda melakukan olahraga tersebut secara rutin agar tubuh Anda sehat. Apabila diimbangi dengan pola makan yang sehat, maka kesehatan dan metabolisme tubuh Anda akan tetap terjaga.

Komentar